Pengikut

cara kerja skype dan voip


.


Jaringan Instant messenger terdiri dari clients dan server. User menginstall sebuah client yang menghubungkan ke server yang dioperasikan oleh vendor jaringan IM, seperti AOL atau Yahoo Messenger. User yang mendaftar ke vendor IM diberikan ID yang unik,yang dapat berupa angka dan huruf. User lalu memberikan IDnya ke user lain yang ingin diajak untuk berkomunikasi melalui jaringan IM.
User memulai sebuah sesi IM dengan autentikasi ke server. Ketika dua user yang sudah melakukan authentikasi ingin berkomunikasi, rangkaian prosesnya adalah :
• Alice menginstruksikan IM client untuk mengirimkan pesan teks kepada Bill. Client membuat sebuah paket yang berisi pesan dan mengirimkannya ke server.
• Server menerima isi paketnya dan melihat bahwa si penerima adalah Bill. Server lalu membuat sebuah paket baru yang mengandung pesn dari Alice dan mengirimkannya ke Bill.
Kebanyakan IM akan melanjutkan pengiriman pesan melalui server pusat. Bagaimanapun, beberapa IM membuat koneksi langsung antara user yang berkomunikasi setelah pesan pertama. Penggunaan server pusat lebih menguntungkan jika dilihat dari berbagai sudut pandang. Contohnya, Alice hanya membutuhkan unique ID dari Bill, selain itu, dia dapat mengirimkan pesan kepada Bill meski dia tidak online. Server akan menyimpan pesan sampai Bill melakukan autentikasi.
Kebanyakan IM clients mempunyai kemampuan untuk membuat Buddy List, yaitu daftar unique ID teman-teman kita, sehingga akan mempermudah dalam berkomunikasi dengan mereka. Contohnya, ketika Bill mengirimkan Alice unique IDnya, Alice dapat menyimpannya dalam Buddy List. Sehingga, kapanpun Alice log in ke server IM, dia dapat melihat status dari Bill, apakah online atau tidak.

Your Reply